Jumat, 31 Januari 2014


Dehidrasi adalah masalah kesehatan umum yang diderita oleh hampir semua orang. Kurangnya cairan dalam tubuh menjadi faktor utama seseorang terkena dehidrasi. Nah, dehidrasi juga menyebabkan masalah kesehatan lain seperti sembelit, mual, lemas, dan lain-lain. Berikut adalah gejala umum yang menandakan tubuh dehidrasi, seperti dilansir Boldsky.

1. Sakit kepala

Anda akan mulai merasa pusing, ketika tubuh kekurangan cairan. Tiba-tiba, Anda merasakan sakit kepala ringan dan lemas. Kadang-kadang, Anda bahkan merasa lebih ngantuk. Sakit kepala ringan atau parah adalah gejala umum dari dehidrasi, yang tidak boleh diabaikan.

2. Sensasi terbakar setelah buang air kecil

Kurangnya cairan dalam tubuh membuat urin jadi benar-benar terkonsentrasi. Alhasil, urin mengeluarkan amonia tinggi, yang bisa menyebabkan peradangan setelah kencing.

3. Jarang buang air kecil

Ketika tubuh memiliki kadar air yang rendah, pembentukan urin jadi terlambat. Akibatnya, buang air kecil sedikit terhambat dan tidak lancar. Terkadang, Anda merasa ingin buang air kecil, tetapi tidak bisa keluar sama sekali.

4. Haus

Dehidrasi bikin tubuh jadi merasa lebih haus. Bahkan, Anda seringkali merasakan sensasi terbakar di tenggorokan. Sensasi tersebut terjadi ketika sel-sel tubuh mulai mengering karena kekurangan air.

5. Sembelit

Orang yang menderita masalah perut, terutama sembelit dan buang air besar, disarankan minum banyak air. Disamping itu, air bisa mengeluarkan racun dari tubuh lho. Para ahli juga menyarankan agar kita harus minum 1 gelas air setelah bangun di pagi hari. Selain mengeluarkan racun, itu bisa menyembuhkan sembelit secara alami.

6. Tidak berkeringat

Mengapa kita tidak berkeringat? Kelenjar keringat bekerja sepanjang waktu dan mengeluarkan air melalui sel-sel kulit. Ketika tidak ada air yang diserap oleh sel-sel tersebut, tubuh jadi sulit berkeringat deh.

Dehidrasi bisa menyebabkan kulit kering, jantung berdebar-debar, dan keinginan makan sesuatu yang manis atau asin. Ingat! Dehidrasi bukan hal sepele yang bisa diabaikan. Kekurangan air bisa menyebabkan gangguan serius seperti batu ginjal, kencing tidak lancar, dan sembelit parah.

0 komentar:

Posting Komentar