Jumat, 31 Januari 2014


Minum air putih

REPUBLIKA.CO.ID, Selama ini air putih atau air mineral memiliki banyak kelebihan untuk kesehatan tubuh, dari hasil penelitian terbaru air putih ternyata berkaitan dengan resiko diabetes. Wanita yang memilih mengganti minuman bersoda manis atau jus buahnya dengan air putih ldapat mengurangi resiko terkena diabetes.

Para peneliti di kesehatan masyarakat Harvard mengatakan, mengganti minuman manis dengan air putih dapat mencegah gangguan metabolisme. Hasil ini berdasarkan penelitian pada kebiasaan minum, 83 ribu wanita selama lebih dari satu dekade.

Peneliti Utama Dr. Frank Hu mengatakan, hasil penelitian ini juga menegaskan bahwa minuman manis tak baik dan meningkatkan resiko diabetes. Dr. Hu dan timnya telah mengumpulkan data dari Nurses Health Study, hasilnya kesehatan berkaitan erat dengan gaya hidup puluhan ribu perempuan di seluruh AS.

Penelitian ini juga melibatkan 82.902 wanita yang menjawab pertanyaan tentang diet dan kesehatan selama rentang 12 tahun. Hasilnya sekitar 2.700 dari mereka beresiko diabetes.

Jumlah minum air setiap wanita nyatanya tak berpengaruh terhadap peningkatan resiko diabetes. Misalnya wanita yang minum enam cangkir air sehari memiliki resiko yang sama dengan wanita yang minum kurang dari satu cangkir per hari.

Namun, minuman manis dan jus buah justru sangat berpengaruh pada peningkatan resiko diabetes. Konsumsi minuman manis maupun jus buah setiap hari dapat meningkatkan resiko diabetes sebesar 10 persen.

Tim peneliti mengatakan, sebaiknya wanita mengganti satu cangkir minuman bersoda atau jus buah dengan air putih. Dengan begitu maka akan menurunkan resiko diabetes 7-8 persen. Sebanyak 10 persen atau sekitar 12,6 juta perempuan AS beresiko terkena diabetes.

Penelitian Dr. Hu mengatakan, kopi dan teh tanpa gula dapat menjadi alternatif untuk minuman manis yang lebih baik. Mengganti jus buah dan minuman bersoda dengan secangkir kopi atau teh tanpa gula, menurunkan resiko diabetes sebesar 12-17 persen. 

Intinya menurut Dr. Hu, air putih merupakan salah satu pilihan minuman bebas kalori. Anda juga dapat menambahkan perasan lemon atau jeruk nipis, untuk membuat minuman lebih bervariasi.

0 komentar:

Posting Komentar